Etika Ber-internet (Netiket)
Sejak awal peradaban, manusia
selalu termotivasi memperbaharui teknologi yang ada. Hal ini merupakan
perkembangan yang hebat dan terus mengalami kemajuan. Seluruh kemajuan yang
signifikan dibuat oleh manusia sampai hari ini, mungkin hal yang terpenting
adalah perkembangan media informasi.
Untuk mendapatkan informasi tersebut
dapat diperoleh dari berbagai sumber media. Yang paling mudah dan sering
digunakan oleh masyarakat adalah media internet. Banyak sekali mannfaat yang
didapat dari internet. Selain mendapatkan informasi, kita juga dapat
berinteraksi dengan sesama pengguna internet lainnnya. Namun dibalik manfaat
tersebut, banyak juga pihak-pihak yang menyalahgunakan internet hanya untuk
memberi keuntungan pada dirinya sendiri maupun pihak-pihak lain. Maka dari itu,
menggunakan internet, etika sangat di butuhkan di dalamnya.
A.
Pengertian Etika Ber-internet (Netiket)
Apa
yang dimaksud dengan etika ber-internet? Etika berasal dari bahasa yunani kuno ethikos yang berarti timbul dari
kebiasaan. Etika mencakup analisis dan penerapan konsep benar-salah, baik-buruk
serta tanggung jawab. Sedangkan Internet merupakan kependakan dari Interconnected-networking yang memiliki
pengertian seluruh jaringan komputer yang saling terhubung yang menggunakan
standar sistem global Transmission Contril Protocol/Internet Protocol Suite (TCP/IP).
Netiket
atau Nettiquette adalah etika dalam berkomunikasi lewat internet. Netiket
memiliki fungsi yang sama dengan Netiquette yang ada di dalam lingkungan sosial
manusia, yaitu merupakan tata krama atau sopan santun yang harus diperhatikan
dalam pergaulan agar hubungan selalu baik. Kebanyakan netiket yag sering
digunakan mengacu pada standar netiket yag ditetapkan oleh IETF ( The Internet
Engineering Tasking Force), yaitu suatu komunitas masyarakat internasional yang
terdiri dari para perancang jaringan, operator, penjual dan peneliti yang
terkait dengan evolusi arsitektur dan pengoperasian internet. Internet juga jaringan yang
menghubungkan komputer di seluruh
dunia tanpa dibatasi oleh jumlah unit menjadi satu jaringan yang bisa saling
mengakses. Dengan internet tersebut, satu komputer dapat berkomunikasi secara
langsung dengan komputer lain diberbagai belahan dunia
Alasan
mengapa era ini memberikan dampak yang cukup signifikan bagi berbagai aspek
kehidupan.
a. Informasi pada internet bisa
diakses 24 jam dalam sehari
b. Biaya murah dan bahan gratis
c. Kemudahan akses informasi dan
melakukan transaksi
d. Kemudahan membangun relasi
dengan pelanggan
e. Pengguna internet telah
merambah ke berbagai penjuru
B. Pentingnya
Etika di Dunia Maya
Hadirnya
internet dalam kehidupan manusia telah membentuk komunitas masyarakat
tersendiri. Surat menyurat yang dulu dilakukan secara tradisional (merpati pos
atau kantor pos) sekarang bisa dilakukan hanya dengan duduk dan mengetik surat
tersebut di depan komputer.
Beberapa alasan
mengenai pentingnya etika dalam dunia maya adalah sebagai berikut:
1. Bahwa pengguna internet berasal dari berbagai
negara yang mungkin memiliki budaya, bahasa dan adat istiadat yang
berbeda-beda.
2. Pengguna internet merupakan orang-orang yang
hidup dalam dunia anonymouse, yang tidak mengharuskan pernyataan identitas asli
dalam berinteraksi.
3. Berbagai macam fasilitas yang diberikan dalam
internet memungkinkan seseorang untuk bertindak etis seperti misalnya ada juga
penghuni yang suka iseng dengan melakukan hal-hal yang tidak seharusnya
dilakukan.
4. Harus diperhatikan bahwa pengguna internet akan
selalu bertambah setiap saat dan memungkinkan masuknya “penghuni” baru didunia
maya tersebut.
C. Aturan Inti Netiket
Aturan-aturan berikut ini merupakan hal yang dasar untuk
dipatuhi:
ATURAN NOMOR 1
Kita semua manusia, bahkan saat berada di Internet sekalipun.
Jangan pernah lupa bahwa orang yang sedang membaca e-mail atau posting Anda
adalah manusia dengan perasaan yang bisa saja terluka. Berikut ini beberapa kata
kunci yang dapat diingat bersama:
Adalah tidak baik untuk melukai perasaan orang lain. Cobalah untuk tidak mengirim komentar yang bernada menyerang tapi bersikaplah saling membangun.
Jangan pernah mengetik isi pesan Anda dengan menggunakan huruf besar semua, meskipun itu hanya pesan singkat, balasan ke suatu posting di forum, atau di dalam sebuah e-mail. Dengan menulis pesan menggunakan huruf besar semua, sama artinya Anda sedang berteriak (kecuali ternyata bukan itu yang Anda maksudkan). Jika Anda tidak bermaksud seperti itu, yakinkan dengan tegas dan katakan ke orang bahwa Anda sedang tidak berteriak. Ingatlah, bahwa orang tidak dapat mengetahui apa isi hati Anda tanpa menjelaskan apa yang sedang Anda lakukan.
Jangan pernah mengirim e-mail atau mengirim posting apapun yang tidak layak Anda katakan ke orang lain. Internet bukanlah tempat untuk mencari pertengkaran. Banyak orang di luar sana yang sama-sama membutuhkan informasi berguna, jadi jangan coba-coba untuk mencari gara-gara.
Ingatkan orang lain jika melakukan flaming. Flaming adalah ketika seseorang atau sekelompok orang mengekspresikan hal-hal negatif mengenai situasi tertentu. Alasan untuk mengingatkan orang yang melakukan hal ini adalah karena beberapa orang mungkin tidak tahu jika orang tersebut sedang melakukan flaming. Maksudnya di sini adalah, lingkungan Internet tidak seperti Anda sedang duduk dengan orang lain dan saling berhadap-hadapan, lalu mengatakan orang lain itu gila atau Anda jengkel terhadap sesuatu. Jadi tolong beritahu orang lain jika dia sedang melakukan flaming. Kita berusaha untuk sama-sama mengurangi kemungkinan adanya konfrontasi di Internet.
ATURAN NOMOR 2
Ikuti aturan seperti di kehidupan nyata Anda saat online. Bersikap dan bertindaklah dengan selalu memperhatikan etika, dan jangan buru-buru menyimpulkan sesuatu. Orang yang sedang berada di Internet datang dari berbagai penjuru dunia dan memiliki perbedaan pandangan terhadap sesuatu. Bersikaplah terbuka untuk mendengarkan orang lain dan apa yang mereka katakan. Ini adalah Internet, jadi cobalah untuk mempelajari hal-hal yang baru. Melanggar hukum berarti telah melakukan Netiquette yang buruk. Itu yang pelu diingat!
ATURAN NOMOR 3
Ingatlah dimana Anda berada ketika Anda sedang online. Netiquette bervariasi dari satu tempat ke tempat yang lain. Tidak semua orang mengikuti aturan yang sama. Jadi, selalulah bersikap terbuka dan jika dibutuhkan, bersikaplah kritis tapi tetap konstruktif (membangun), dan bukan bersikap sebaliknya (negatif). Jika Anda berada di suatu wilayah topik pembicaraan pada forum atau chating, jangan buru-buru langsung mengirim komentar. Cobalah untuk menangkap ide dari apa yang sedang terjadi atau sedang dibahas. Setelah Anda merasa yakin dan berpikir bahwa Anda siap untuk menambahkan informasi/komentar yang berguna, baru kirim posting. Posting yang terlalu dini dapat berpotensi menyebabkan flaming (karena Anda sedang berusaha untuk memahami sesuatu secara nyata, padahal Anda tidak tahu apa yang sedang terjadi di forum).
ATURAN NOMOR 4
Hormatilah orang lain ketika Anda sedang online. Tidak masalah bahwa apa yang sedang Anda pikirkan merupakan hal yang paling penting dari segalanya, tapi jangan berharap orang lain setuju dengan Anda. Kirimkanlah posting Anda ke group yang sesuai. Jika Anda tidak dapat menemukan group yang sesuai dengan itu dan Anda merasa bahwa posting itu harus Anda kirim, yakinkan bahwa Subject dari posting Anda sesuai dengan isi posting Anda, sehingga orang lain tahu bahwa posting Anda tidak mengganggu topik diskusi saat itu.Cobalah untuk tidak bertanya hal-hal yang bodoh di suatu kelompok diskusi. Jika hal itu merupakan pertanyaan yang sederhana yang jawabannya dapat dicari dari Google, jangan kirim posting Anda. Di sisi lain, jika posting Anda merupakan sebuah tipe pertanyaan yang memerlukan jawaban dalam bentuk opini atau pendapat, hal itu berbeda. Yakinkan orang lain bahwa Anda ingin memperoleh pendapat atau opini dari orang lain atas pertanyaan Anda, dan saya yakin orang akan senang membantu permasalahan Anda.
Bacalah FAQ (Frequently Asked Questions) atau Pertanyaan yang Sering Diajukan. Sekitar 90%, semua pertanyaan yang diajukan dapat dijawab melalui bagian FAQ. Bahkan jika Anda tidak menduga bahwa Anda akan mendapatkan jawabannya di sana, periksa dulu di FAQ. Berdasarkan pengalaman orang pada umumnya, pertanyaan mereka dapat terjawab jika membaca FAQ.
Jika lebih cocok, gunakan e-mail pribadi
daripada mengirim posting ke group. Jika ada sesuatu yang perlu Anda tanyakan
atau komentari tapi menurut Anda hal itu tidak perlu atau tidak penting untuk
diketahui oleh orang lain, kirim e-mail kepada orang yang bersangkutan tadi.
Saya yakin, orang yang Anda kirimi e-mail tadi juga akan senang jika dia
memperoleh e-mail dari Anda, tidak melalui forum.
D. Beberapa Contoh Etika dalam
Ber-Internet
Dengan meningkatnya jumlah pengguna internet, otomatis rawan terjadinya
gesekan-gesekan antar sesama pengguna internet. Untuk itulah diperlukan suatu
etika yang berfungsi sebagai pedoman kita dalam menggunakan internet, dan
berikut ini adalah contoh beberapa etika ber-internet :
1. Perhatikan dalam penggunaan huruf
Kapital
Dalam penulisan suatu informasi, penggunaan
huruf kapital haruslah diperhatikan. Jangan menggunakan huruf kapital
sembarangan. Karena penggunaan huruf kapital yang tidak tepat dapat disalah
artikan oleh para pengguna internet lainnya. Misalnya penggunaan huruf kapital
yang tidak tepat mencerminkan seseorang yang sedang marah. Biasanya penggunaan
huruf kapital digunakan untuk sebuah singkatan atau nama sebuah badan atau
organisasi.
2.
Hati-hati terhadap informasi yang kita terima
Lewat internet kita bisa mendapatkan informasi
sebanyak-banyaknya. Baik itu spam,
berita hoax dan lain-lain. Untuk
itulah coba cari referensi sumber berita yang terpercaya. Atau carilah sumber
informasi lain jika anda ingin mengetahui apakah informasi yang anda terima itu
benar atau tidak.
3.
Penggunaan “CC” di e-mail
Sebagian dari pengguna e-mail bisa jadi adalah
orang awam yang kurang paham atau jarang sekali menggunakan e-mail. Jika orang
tersebut adalah anda, maka jangan mencantumkan nama-nama pada kolom “CC” pada
form pengiriman e-mail. Karena jika melakukan hal tersebut semua orang yang
menerima e-mail anda bisa melihat alamat-alamat e-mail orang lain. Untuk itu
gunakan selalu “BCC” adar setiap orang bisa melihat emailnya sendiri.
4.
Penggunaan format HTML
Dalam pengiriman sebuah e-mail, jangan
sekali-sekali mencoba format html jika kita tidak yakin apakah orang yang
menerima e-mail kita bisa membaca kode html.
5.
Pengiriman file atau Attachment di E-mail
Jangan sembarangan dalam men-attach file lewat
e-mail. Perhatikan size file yang akan kita attach. Jangan sampai terlalu
besar. Karena hal tersebut berdampak pada kepada si penerima e-mail kita.
Solusinya cobalah sebelum meng-attach, file yang akan kita kirim dikompres
terlebih dahulu agar ukuran file-nya bisa minimalisir.
6.
Penggunaan kutipan
Biasanya ketika kita aktif di forum maka anda
akan melihat komentar orang yang disertai dengan kutipan dari postingan orang
yang dikomentar tersebut. Terkadang kita juga melihat komentar orang yang
mengambil keseluruhan postingan orang yang dikomentari. Hal tersebut
sebenarnya kurang tepat. Mengapa? Karena dengan seperti itu akan mengakibatkan
bandwith server menjadi berat dan akses untuk membuka postingan tersebut
menjadi lama karena komentar yang menjadi panjang akibat kutipan-kutipan yang
tidak perlu.
7.
Private Message
Yang namanya private tentunya bukan menjadi
bahan untuk publik. Oleh karena itu ada baiknya kita jangan mengumbar private
message ke area publik. Selain itu, informasi-informasi yang bersifat privasi
sebaiknya disampaikan lewat private message.
8.
Sumber dari Informasi yang kita sampaikan
Jika kita membuat suatu postingan di blog yang
sumber tulisan tersebut berasal dari tulisan atau blog orang lain, ada baiknya
kita mencantumkan sumber tulisan tersebut. Karena ibaratnya tulisan itu seperti
sebuah karya seni. Apabila kita sebar luaskan tanpa mencantumkan penulis
aslinya maka ibaratnya seperti kita mengakui karya seni orang lain.
9.
Hindari personal Attack
Sering kali dalam forum di dunia maya terdapat
debat-debat antar sesama pengguna internet. Terkadang hal tersebut bisa memanas
sehingga kosa kata yang disampaikan tidak sopan. Meski begitu jangan
sekali-sekali menggunakan kelemahan lawan debat anda sebagai senjata anda untuk
memenangkan debat, karena hal tersebut akan menunjukan bahwa betapa dangkalnya
pengetahuan anda.
E. Pelanggaran
Etika di Dunia Maya
Seperti
halnya etika dalam kehidupan bermasyarakat, sanksi yang diperoleh terhadap
suatu pelanggaran adalah sanksi sosial. Sanksi sosial bisa saja berupa teguran
atau bahkan dikucilkan dari kehidupan bermasyarakat.
Demikian
juga dengan pelanggaran etika berinternet. Sanksi yang akan diterima jika
melanggar etika atau norma-norma yang berlaku adalah dikucilkan dari kehidupan
berkomunikasi berinternet. Seperti apabila kita memiliki akun di sebuah
forum, ketika kita melakukan pelanggaran baik menerbitkan tulisan yang berbau
SARA, pornografi, ataupun menjelek-jelekan orang atau kelompok lain maka akun
kita dapat di nonaktifkan atau di banned dari forum tersebut.
Rujukan
https://id.wikipedia.org/wiki/Nitiket
Posting Komentar
Silahkan dikomentari demi kebaikan