PERBEDAAN LAPTOP, NOTEBOOK, NETBOOK, DAN TABLET



 Sebelum mengetahui lebih rinci perbedaan laptop, notebook, netbook, dan tablet ada baiknya terlebih dahulu dipahami definisi komputer. Komputer merupakan perangkat elektronika yang berfungsi untuk mengolah data dan informasi. Sama seperti peralatan elektronik lainnya, komputer memerlukan sumber listrik untuk bisa beroperasi.  Sumber tegangan tersebut berasal dari sumber listrik dari PLN 220V/240V yang diturunkan menjadi tegangan DC setelah melalui power supply.

Komputer bekerja berdasarkan program yang merupakan prosedur-prosedur instruksi dalam bahasa yang dipahami mesin (komputer). Awalnya komputer dibuat untuk membantu meringankan tugas manusia khususnya dalam bidang perhitungan aritmatika. Hasil proses yang dilakukan komputer dapat dikirim melalui display (monitor), printer, projector, speaker, dan peralatan output lainnya. Di dalam komputer, sebut saja PC (Personal Computer) terdapat modul-modul hardware  dengan beragam fungsi seperti Power Supply, Main Board, Hard Disk, Processor, VGA Card, LAN Card, dan device lainnya.



Dari pengertian komputer di atas, secara umum laptop, notebook, netbook, dan tablet adalah komputer juga, tetapi komputer yang mudah dibawa kemana-mana (portable).  Berdasarkan bentuk fisik, fungsi, dan spesifikasi sistem, perbedaan laptop, notebook, netbook, dan tablet antar lain sebagai berikut:

Apa itu Laptop?

Laptop adalah komputer yang mudah dibawa-bawa (portable) karena monitor, CPU, keyboard, mouse, dan speaker pada Laptop dibuat satu, ringan, dan bentuknya kecil. Laptop berasal dari dua kata yaitu “Lap” dan “Top” yang artinya “Di atas Pangkuan” Monitor Laptop tidak lagi menggunakan monitor tabung CRT (cathode ray tube atau CRT) yang besar tetapi sudah diganti dengan layar (monitor) tipis LCD (Liqiud Crystal DIsplay) atau LED (Light Emiting Diode).  Itu sebabnya Laptop sering disebut dengan istilah komputer jinjing.

Specifikasi Laptop bisa sama dengan PC (Personal Computer) tetapi bentuk fisiknya jauh lebih kecil. Sumber tegangan Laptop adalah battery kering yang dapat diisi ulang (rechargeable) dengan berat total 1-6 Kg tergantung spesifikasi dan merk Laptop. Ukuran layar Laptop bisa lebih dari 14″. Umumnya Laptop mempunyai CD/DVD ROM yang dapat digunakan untuk mengakses file dari CD atau DVD, bahkan dapat melakukan backup data dari dan ke CD atau DVD.

Apa itu Notebook?

Notebook adalah komputer portable varian Laptop yang dirancang dengan sistem mobile dengan ukuran yang lebih kecil dari Laptop atau seukuran buku tulis (note book). Beberapa Notebook dilengkapi dengan CD/DVD ROM tetapi ada juga yang tidak memilikinya tergantung dari merk Notebook.  Ukuran monitor Netbook lebih kecil dari Laptop atau sekitar 12″-14″. Spesifikasinyapun umumnya lebih kecil dari Laptop untuk merk yang sama.

Apa itu Netbook?

Netbook berasal dari dua kata yaitu “Net” dan “Book” yang artinya “Buku Internet”. Netbook adalah komputer varian laptop yang awalnya didesain untuk mengakses internet. Karena spesifikasinya yang lebih kecil dari Laptop dan Notebook, banyak program besar yang tidak bisa bekerja dengan normal atau bahkan tidak bisa di-install sama sekali. Permainan (game) yang dapat di-install pun adalah game ringan yang membutuhkan spesifikasi tidak terlalu besar. Ukuran layar Netbook lebih kecil dari Notebook yakni sekitar 7″-11″. Hampir sama dengan Notebook, umumnya Netbook tidak memiliki CD/DVD ROM.

Apa itu Tablet?

Tablet adalah komputer portable yang bentuk fisiknya sedikit lebih besar dari smartphone dan lebih tipis dari Netbook. Tablet tidak mempunyai keyboard fisik karena dirancang secara visual menjadi keyboard layar sentuh (touch screen). Banyak tablet yang sudah memiliki fitur seperti telepon selurer (handphone) yang dapat dipakai untuk berkomunikasi seperti telepon dan kirim SMS. Spesifikasi Tablet lebih kecil dari Netbook tetapi masih bisa digunakan untuk mengakses internet. Opertaing sistemnya pun berbeda dengan sistem operasi yang biasa digunakan Laptop, Notebook, dan Netbook. Kini banyak Tablet yang sudah menggunakan Android sebagai Operating System-nya. Ukuran layar Tablet sekitar 7″-10″, tidak memiliki hard disk seperti halnya Laptop dan tidak memiliki CD/DVD ROM.

Jika dilihat dari harga, perbedaan Laptop, Notebook, Netbook, dan Tablet tergantung dari merk dan spesifikasi masing-masing. Bisa saja harga Tablet dengan merk tertentu lebih mahal dari harga Notebook dan Netbook merk lainnya. Berdasarkan bentuk dan ukuran fisiknya, Tablet lebih mudah dibedakan dengan Laptop, Notebook, dan Netbook.

sumber : http://www.elektronika123.com/perbedaan-laptop-notebook-netbook-dan-tablet/
Share this article :
 

+ komentar + 3 komentar

26 Juli 2018 pukul 14.49

Terimakasih buat Infonya. Sekarang saya sudah tau perbedaan dari Laptop, Notebook, Netbook dan Tablet. Artikel yang sangat berguna dan bermanfaat bagi saya. Terimakasih.


Izin share blog ya
Jangan lupa kunjungi blog sederhana saya di
www.ahmadsi2b.blogspot.com

dan kunjungi pula
www.atmaluhur.ac.id

26 November 2018 pukul 00.25

terimakasih mas atas bantuan dari artikel nya... mas lagi ada promo cctv palembang mas...

7 Januari 2019 pukul 15.12

MAKASIH MIN
alat pemisah lcd

Posting Komentar

Silahkan dikomentari demi kebaikan

 
Support : Creating Website | Aminarto Template |
Copyright © 2011. pakagus berbagi - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Aminarto Online
Proudly powered by Blogger