Sebuah software klien FTP menggunakan protokol FTP untuk terhubung ke server FTP untuk mengirimkan berbagai macam file. File Transfer Protocol atau FTP adalah sebuah protokol jaringan standar yang digunakan untuk mentransfer file dari satu host ke host lain melalui jaringan berbasis TCP seperti internet.
Beberapa utilitas otomatisasi klien FTP kini telah diciptakan untuk server, desktop , perangkat mobile dan perangkat keras sebagai berikut :
1. FileZilla
FileZilla adalah salah satu yang terbaik cross – platform aplikasi FTP client yang tersedia di internet saat ini. Sebuah server juga tersedia. Freeware ini mudah digunakan, mendukung FTP, FTP melalui SSL / TLS ( FTPS ) dan SSH File Transfer Protocol dan tersedia dalam beberapa bahasa. Aplikasi ini mendukung transfer file yang lebih dari 4GB dan memiliki fungsi dan melanjutkan pencarian file jarak jauh. Dukungan lain yang tersedia melalui forum, wiki menjadikannya pilihan populer di kalangan pengguna.
Lima Software FTP Terbaik Dan Gratis Untuk Windows_A
2. FREE FTP
FREE FTP adalah aplikasi lain yang sangat user friendly. Pembuat aplikasi ini mengklaim bahwa FREE FTP dirancang untuk menjadi bagus dan user friendly. Proses transfer file cukup sederhana dengan menggunakan aplikasi ini dan pengguna dapat mengawasi segala sesuatu dengan panel Kegiatan FTP. FREE FTP memberikan gambaran yang jelas tentang status upload dan status download. Transfer file bahkan bisa berhenti sejenak untuk dilanjutkan kemudian atau dibatalkan. Kesalahan juga ditampilkan dengan cara yang sederhana dan mudah dibaca.
Lima Software FTP Terbaik Dan Gratis Untuk Windows_B
3. FireFTP
FireFTP adalah klien FTP gratis yang dapat di download dan digunakan bersama browser Mozilla Firefox. FireFTP mempunyai  dukungan fitur SSL/TLS/SFTP serta enkripsi yang sama yang digunakan dengan sistem perbankan online dan belanja online. Aplikasi ini tersedia di lebih dari 20 bahasa yang berbeda  dengan UTF8 dan setiap pengkodean karakter lain. Jika dalam kasus transfer file dihentikan di tengah jalan maka koneksi terulang otomatis dan melanjutkan transfer yang sedang berjalan.
Lima Software FTP Terbaik Dan Gratis Untuk Windows_C
4. BitKinex
BitKinex adalah aplikasi freeware yang mengklaim untuk mengintegrasikan fungsionalitas dari sebuah FTP inovatif, SFTP dan WebDAV client untuk Windows. Selain fitur biasa ditemukan di FTP Klien lainnya, aplikasi ini memiliki beberapa fitur lain seperti navigasi situs,  transfer langsung, user interface yang disederhanakan, konfigurasi yang mudah dan bagus. Transfer juga dapat dihentikan sementara kemudian dilanjutkan dan dijadwalkan.
Lima Software FTP Terbaik Dan Gratis Untuk Windows_D
5. Cyberduck
Cyberduck adalah FTP open source, SFTP, WebDAV dan Browser Amazon S3. Cyberduck memiliki antarmuka yang mudah digunakan dengan integrasi editor eksternal dan dukungan untuk banyak sistem teknologi. Untuk pengguna pemula, interface aplikasi ini mungkin sedikit membingungkan dan pengguna reguler melaporkan beberapa masalah di bidang transfer file jumlah besar. Aplikasi ini lebih baik untuk Amazon S3 dan WebDAV dibandingkan dengan FTP dan SFTP pada umumnya.
Lima Software FTP Terbaik Dan Gratis Untuk Windows_E
sumber : http://ruangkomputer.com/lima-software-ftp-terbaik-dan-gratis-untuk-sistem-windows/